Macam Jenis Batu Akik Dari Termurah Sampai Termahal

10 Jenis Batu Akik Terlangka Di Dunia

Batuakikpedia.com - Fenomena popularitas batu akik di Indonesia memang serasa tidak akan pernah surut pamornya. Hal ini terbukti karena banyak munculnya para penghobi atau kolektor baru yang mengoleksi batu mulia dari berbagai jenis. Tak dipungkiri di setiap daerah di Indonesia mempunyai banyak andalan macam batu-batu cantik dari mulai batu mulia langka hingga kelas batu permata termahal yang diperjual belikan kepada masyarakat di Tanah Air.

Bermacam jenis batu akik terbaru pun mulai bermunculan sehingga menambah ramainya pangsa pasar batu akik di Indonesia. Untuk batu yang lumayan langka biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan sangat sulitnya mendapatkan batu tersebut. Nah di mancanegara sendiri ternyata juga menyimpan fenomena batu langka yang sangat jarang orang bisa memilikinya.

Inilah 10 Macam Batu Akik Terlangka Di Dunia

1. Batu Tanzanite


Karena bentuk dan kemilau batu tanzanite yang indah, membuat para kolektor batu mulia di dunia mencari batu ini. Tapi sayang karena sulit mendapatkannya, maka batu ini pun terbilang sangat langka, harga untuk memiliki batu ini pun terbilang cukup mahal. Batu ini berasal dari Utara Tanzania tepatnya di pegunungan Kalimanjaro.

2. Batu Grandidierite


Batu jenis ini adalah batu langka yang pertama kali ditemukan di Madagaskar. Batu ini mempunyai texture atau kombinasi warna yang indah. Untuk memiliki batu ini pun sangat sulit sekali, karena ketersedian batu ini pun sudah mulai jarang sekali di dunia. Batu dengan corak warna hijau ini bisa berubah warna menjadi biru ataupun putih menyala. Batu yang unik dan mempunyai keindahan tersendiri.

3.  Batu Red Beryl


Batu yang masuk dalam kategori batu permata ini pertama kali ditemukan di Pegunungan Beaver, Utah. Batu dengan warna merah mudah bening ini memang termasuk batu yang tercantik di dunia. Warna kilau batu ini pun sangat menawan, tak heran batu ini pun masuk ke dalam jenis batu ruby.

4. Batu Taaffeite


Batu ini memiliki corak putih bening seperti batu kristal, namun untuk texturenya mirip seperti batu giok. Batu ini merupakan batu yang sangat langka dan sangat sulit didapatkan.

5. Batu Painite


Para peneliti batu mulia di dunia yakin bahwa jenis batu ini adalah batu paling langka di seluruh dunia. Hal ini terbuki karena dalam kurun waktu hampir satu dekade, hanya dua jenis batu ini yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Berdasarkan beberapa penelitian batu langka ini memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zirconium, alumunium, boron dan oksigen.

6.  Batu Jadeite


Batu jenis ini pun sudah cukup langka di dunia, dan hanya beberapa orang saja yang memilikinya. Texture yang cantik dipadukan dengan warna hijau cerah membuat batu ini mirip dengan jenis batu giok. Dalam situs lelang di dunia, batu ini pun bisa menembus angka penjualan senilai 10 Juta US Dollar atau setara dengan 120 miliar rupiah. Sehingga membuat batu ini masuk kedalam kategori sebagai harga batu termahal di dunia.

7. Batu Alexandrite


Para ahli batu akik di dunia mendapati bahwa batu jenis ini memiliki kandungan mineral seperti kromium, titanium dan besi. Batu jenis ini pun sudah jarang bisa ditemukan. Dengan kandungan mineral yang unik pada batu ini membuat batu ini sangat mahal harganya.

8. Batu Black Opal


Batu Black Opal adalah batu jenis kalimaya yang pertama kali ditemukan di Australia. Di Indonesia sendiri pun sudah ada penambang batu jenis ini, tepatnya di Provinsi Banten. Batu ini menurut situs dunia pun sudah mulai langka, sehingga harga yang ditawarkan untuk memiliki batu jenis ini pun terbilang sangat mahal.

9. Batu Benitoite


Batu dengan warna biru dominan ini memiliki texture yang cantik. Batu ini pertama kali di temukain pada tahun 1907 di California. Batu jenis ini akan berkilap jika dilihat di bawah sinar matahari.

10. Batu Poudretteite


Batu dengan kombinasi warna pink dan putih ini merupakan batu paling langka di dunia. Dengan texture yang cantik membuat batu ini banyak digemari para kolektor batu mulia di dunia. Sehingga membuat keberadaan batu ini menjadi punah dan sudah tidak bisa ditemukan lagi. Batu mulia ini pertama kali ditemukan di Mon Saint Hilaire, Quebec pada pertengahan tahun 1960.

Nah bagi Anda para kolektor yang ingin memiliki atau menambah koleksi dari salah satu jenis batu akik di atas, maka siap-siaplah merogoh kocek dalam-dalam.

Demikianlah informasi mengenai 10 Jenis Batu Akik Terlangka Di Dunia, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para penghobi batu di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung di blog batuakikpedia.com dan salam sukses selalu.

10 Jenis Batu Akik Terlangka Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cindy Chan

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *